Dalam programming, tampilan aplikasi menjadi salah satu daya tarik utama dalam develop aplikasi. Banyak tools tersedia sebut saja sepert OsenXP, CodeJock dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah ACP Ribbon 2007 by adrianopaladini.
User Control ini cukup powerfull untuk mempercantik tampilan aplikasi Visual Basic yang kita buat bergaya layaknya Microsoft Office. Selain pengaplikasiannya cukup mudah, untuk kalangan newbie juga cukup gampang untuk pelajari. Sebagai contoh aplikasi dibawah ini memiliki form yang sangat sederhana, akan tetapi tetap menarik saat ditambahkan ACP Ribbon. Satu lagi yang menarik, ACP Ribbon ini dapat di implementasikan baik untuk MDIForm maupun Form biasa pada Visual Basic 6.
 
 
Bila anda yang ingin mencoba ACP Ribbon ini, dapat anda download ocx-nya disini. Selamat mencoba
 
Source ini diperoleh dari http://www.planetsourcecode.com

10 komentar:

Jasz mengatakan...

mas saya download tapi ga sesuai dengan gambar yg di upload diatas bisa ga minta file yg sesuai dengan gambar diatas yang satu contoh yang memanggil form lain dan memasukkan gambar kedalam imagelist.. soalnya ane ga tau mas

Media Kreasi Online mengatakan...

Mas Rahmat,

Untuk yang sesuai dengan upload-an, ocx bisa di download di http://www.ziddu.com/download/22706992/Ribbon_20020383512192006.zip.html sedangkan bila yang sesuai dengan gambar yang ke-2, memang belum sempat saya upload karena sample aplikasi untuk laundry..
Ocx ribbon lainnya bisa dilihat di http://www.planetsourcecode.com/vb/scripts/BrowseCategoryOrSearchResults.asp?lngWId=1&txtCriteria=Ribbon

Terima kasih

Al-Faruqy mengatakan...

Bisakah saya di kasih bocoran cara merubah icon / image di button acpribbon? terima kasih

Media Kreasi Online mengatakan...

Mas Faruqy,

Untuk ubah icon / image di button acpribbon bisa klik kanan di component ImageList (yg ada pada form), nanti pilih 'Properties'>Tab Images.. Sesuaikan codingnya nanti dengan index Image-nya..

Terima kasih...

Unknown mengatakan...

misi om mau naya cara anable /disable kan tab strip ribbon yang telah dibuat gimana yah om?

widy mengatakan...

Error pas buka projeknya gan..
object library not registered

Media Kreasi Online mengatakan...

@wasiah purnamawati

Karena ACP Ribbon ini adalah componen buatan, agaknya memang belum ada fasilitas enable / disable-nya.

Terima kasih...

Media Kreasi Online mengatakan...

@widy

Error message tersebut disebabkan karena ada OCX yang belum teregister di system windows anda. Untuk solusi lebih jelas, bisa melihat panduan seperti di http://stackoverflow.com/questions/16018271/object-library-not-registered-when-adding-microsoft-rich-textbox-control-6-0. Hanya bedanya pada link tersebut didapati component 'rich textbox ctrl' yang tdk ada dlm project. Untuk case kamu, component-nya bisa berbeda dari contoh link diatas.

Terima kasih

gilo babi mengatakan...

mas tolong link download aplikasi laundry ya gk ada yah

Media Kreasi Online mengatakan...

Hallo Mas @Ari Pratama, S.Kom.
Memang aplikasi laundy-nya tidak kami posting, materi ini hanya terkait dengan teknik Mengubah Tampilan dengan ACP Ribon saja dalam pemrograman VB.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MediaKreasiOnline.
Salam,
Admin

Posting Komentar