Bagi pengguna Blackberry yang saat ini sudah mahir maupun belum sama sekali pernah menginstall sendiri OS Blackberrynya, kami buatkan panduan lengkap langkah per langkah secara gampang (disertai dengan gambar) bagaimana cara untuk menginstall OS Blackberry sendiri.
Mungkin pada awalnya kita berfikir bahwa hal ini cukup rumit dan beresiko crash / hang dan lain sebagainya. Nah, bila anda mengalami kekuatiran itu, sekarang anda tidak perlu lagi kuatir karena kami akan share tips untuk install OS Blackberry baik mengupgrade OS maupun mendowngrade OS-nya.
Tools yang akan kita gunakan pada panduan penginstallan OS kali ini adalah Desktop Manager dan BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife). Tentunya ke-2 software yang kami sebutkan bisa anda search untuk didownload free dari internet atau anda dapat langsung klik link download Desktop Manager maupun link download BBSAK. Bila ke-2 software ini sudah anda download dan install pada PC / laptop anda, anda perlu 1 software lagi yaitu software OS yang sesuai dengan tipe Blackberry anda. Anda dapat search OS yang sesuai dengan tipe Blackberry anda di www.jeruknipis.com. Perlu kita ketahui fungsi masing-masing aplikasi yang telah disebutkan diatas adalah sebagai berikut :
- Desktop Manager --> Mempunyai fungsi untuk backup data (contact address book, PIN, email, SMS etc)
- BBSAK --> Membackup aplikasi yang ada di Blackberry, memformat Blackberry dan menginstall OS
- OS sesuai Tipe Blackberry --> Sebagai Operating System di Blackberry
Setelah ke-3 aplikasi diinstal pada PC / laptop, anda WAJIB men-delete file vendor.xml di folder C:/Program files/Common files/Research in Motion/Apploader (Biasanya ada di paling bawah). Ini WAJIB dilakukan setiap anda menginstall OS di PC / laptop anda.
Adapun setelah anda berhasil menghapus file vendor.xml, selanjutnya kita akan mulai meng-install Blackberry kita.

1. Backup data pada Blackberry. Aktifkan Desktop Manager dan colok Blackberry anda ke PC / Laptop

 Setelah muncul tipe Blackberry anda, silahkan Backup data terlebih dahulu


Option backup akan ada 3 yaitu Full (backup semua data termasuk email), Quick (backup data tidak termasuk backup email) dan Custom (hanya data yang kita pilih yang akan terbackup). Untuk awal, anda silahkan pilih Full saja, bilamana anda sudah terbiasa memilih data mana yang perlu di backup, baiknya pilih Custom. lalu tekan 'Backup'. Perlu anda perhatikan nama file backup dan tersimpan di directory mana. Setelah proses ini selesai, selesai pula proses backup data pada Blackberry anda.


2. Backup aplikasi pada Blackberry anda dan anda akan mulai menginstall OS baru di Blackberry anda. Tetap colok Blackberry anda pada PC / laptop dan aktifkan aplikasi BBSAK.

Bila Blackberry anda terpassword, masukan passwordnya. Bila tidak terpassword, langsung tekan 'OK'.


Jika anda sudah masuk dalam aplikasi BBSAK dan PIN sudah terdetect, langkah selanjutnya adalah :
- Klik Backup Apps --> Untuk membackup aplikasi dalam Blackberry anda, teruskan prosesnya sampai selesai. Save dengan nama backup yang mudah untuk teridentifikasi bilamana dikemudian hari kita butuh backup terakhir sesuai tanggal dilakukannya backup.


- Klik Wipe Device --> Untuk mulai memformat Blackberry anda.


Ingat, setelah anda klik 'Wipe' maka proses format Blackberry akan dimulai sehingga data dan aplikasi serta OS yang ada di Blackberry akan terhapus. Pastikan kembali bahwa anda sudah melakukan backup data / aplikasi yang nantinya akan di restore saat OS baru sudah terinstall di Blackberry. Teruskan proses Wipe sampai layar Blackberry muncul 'Error 507'. Jangan khawatir, error message ini muncul karena proses Wipe OS di Blackberry anda Sukses.

- Klik Load OS --> Proses install OS baru sesuai dengan OS yang sudah anda install di PC / Laptop

Tekan 'Next' untuk mulai menginstall OS ke Blackberry anda

Pastikan PIN anda terdetect saat OS akan kita install di Blackberry. Klik 'Next' setelah ini.

Sistem akan mulai membaca Blackberry dan seterusnya klik 'Next'

Setelah ini anda akan diminta menchecklist aplikasi standard OS yang akan di install di Blackberry, bilamana ada aplikasi yang tidak sering anda gunakan, baiknya tidak usah di-install di Blackberry karena space memory di Blackberry akan berkurang sesuai dengan makin banyaknya aplikasi terinstal di Blackberry. 

Centang aplikasi yang akan anda install ke Blackberry anda. Tekan 'Next' untuk melanjutkan proses.


Proses installasi OS ke Blackberry sudah Sukses

Demikian proses installasi OS ke Blackberry sudah selesai kita lakukan. Untuk mengembalikan data dan aplikasi, anda bisa kembali mengaktifkan Desktop Manager dan pilih Restore. Saat restore data, anda akan di tanya data apa saja yang akan di restore. Anda dapat me-restore semua data yang sebelumnya sudah dibackup maupun anda akan restore parsial saja. Umumnya bila anda akan restore parsial, anda dapat me-restore contact address maupun contact blackberry messenger, task, memo, SMS, email, bookmark (jika pernah mem-bookmark situs saat browsing).
Setelah anda me-restore data melalui Desktop Manager, anda dapat me-restore aplikasi dengan aplikasi BBSAK, cukup aktifkan BBSAK dan pilih Restore Apps. Sebagai informasi, biasanya backup aplikasi yang dilakukan dengan BBSAK akan ada di folder C:\Program Files\BBSAK\Backup\Nama_File_Backup_Anda.

Demikian proses install OS di Blackberry, cara ini cukup efektif untuk anda yang akan meng-upgrade OS maupun men-downgrade OS Blackberry.





0 komentar:

Posting Komentar